Popular posts

Unknown On Monday 28 April 2014


TingkatanPenegakBantara.jpg

Salam Pramuka!!
balik lagi nih kakak-kakak kali ini kita akan membahas tentang penegak bantara, dan untuk bahasan penegak laksana dan garuda akan kita bahas nanti ya. :)
mungkin kakak-kakak yang ingin naik tingkat ke bantara ada baiknya kita harus memahami apa arti kata bantara, dan kiasan yang terdapat hipolet bantara itu sendiri adar pelantikannya lebih afdhol, ilmunya dapat, keseruan juga dapat. :D
langsung aja, lets check it out

Pramuka Penegak Bantara

Penegak Bantara adalah tingkatan Syarat-syarat Kecakapan Umum pertama dalam satuan Pramuka Penegak sebelum Penegak Laksana. Golongan Pramuka Penegak yang belum menyelesaikan Syarat-syarat Kecakapan Umum (SKU) Penegak Bantara belum dianggap sebagai Pramuka Penegak dan disebut sebagai “Tamu Ambalan”, atau “Tamu Penegak”

sejarah bantara
bantara bersaal dari bahasa sansekerta yaitu pengawal atau ajudan, pengawal dapat diarti
1.      Pengawal yang tugasnya untuk mengawal dan menjaga tegak dan lestarinya pancasila, trisatya dan dasa darma
2.      Pengawal para prajurit seperti presiden
3.      Pengawal terhadap pembanguan yang sudah dan sedang dilaksanakan
Arti tanda penegak bantara
1.       warna hijau melambangkan kesuburan dan kemakmuran berarti seorang BANTARA harus menjaga kesuburan dan kemakmuran Negara kesatuan republic Indonesia dan warna hijau melambangkan diri yang berkembang yang selalu tumbuh untuk mencari tau banyak hal untuk kemajuan Negara
2.       dua tunas kelapa melambangkan keseimbangan pramuka penegak putra dan putrid
3.       bintang melambangkan seorang penegak bantara harus bertakwa kepada tuhan yang maha esa
4.       warna kuning melambangkan keluhuran dan kejayaan pramuka
kakak-kakak sekalian yang harus kita garis bawahi adalah arti kata bantaranya itu sendiri, arti kata tersebut memiliki arti yang berbeda-beda, kal seperti yang di jelaskan diatas bahwa bantara itu berasal dari kata sansekerta yang berarti ajudan atau pembantu, lain halnya dengan dari bahasa jawa yaitu bantaran atau jembatan yang berarti menopang orang lain, lain juga dengan yang versi singkatan yaitu : BANTARA= BAntuan TenagA RAkyat. terlepas dari semua itu, tujuan para pramuka bantara tetap satu, yaitu bisa menjadi panutan di depan dan menjadi para kusuma bangsa yang berguna bagi nusa, bangsa dan agama.
untuk postingan kali ini cukup sampai di sini dulu, terimakasih atas kunjungannya, dan jangan lupa balik lagi. :D
Salam Pramuka!!